Macam Macam Tanaman Obat Berkhasiat

Ada banyak tanaman obat herbal yang bisa kamu ketahui. Sebagai masyarakat Indonesia yang mempunyai iklim tropis, tentu kita akan sangat mudah untuk menemukan bermacam macam tanaman herbal.

Yap, tanaman herbal merupakan salah satu cara banyak healty99.com untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, hal ini dinilai karena lebih murah dan khasiatnya juga sudah dikenal sejak lama.

Dari pada panjang lebar, berikut sebagian contok tanaman herbal yang bisa kamu gunakan sebagai obat.

  1. Akar Jahe
    Jahe adalah salah satu jenis tanaman obat yang populer digunakan sebagai bahan pembuat jamu dan obat tradisional.

Jahe mengandung senyawa aktif kuat bernama gingerol yang mampu mengatasi banyak masalah pencernaan seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing karena vertigo, hingga mengurangi sakit akibat nyeri haid serta nyeri sendi seperti osteoarthritis dan rematik.

Gingerol juga dilaporkan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Selain itu, jahe dapat membantu menurunkan berat badan.

Jika ingin menggunakan jahe sebagai obat herbal, pilihlah yang segar. Senyawa gingerol paling banyak dan paling kuat ditemukan dalam jahe segar ketimbang jahe bubuk.

Bubuk jahe di pasaran juga biasanya sudah diolah dengan banyak gula tambahan. Simpan jahe dalam wadah tertutup rapat, simpan di tempat kering dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

  1. Tanaman jahe

Jahe adalah salah satu tanaman obat-obatan populer lantaran telah dikenal lama akan manfaatnya bagi kesehatan.

Jahe mampu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mual-muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, meringankan nyeri haid, hingga meredakan nyeri sendi, seperti rematik dan osteoarthritis.

Jahe umumnya aman digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Namun, sebaiknya kita tidak mengonsumsinya lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh setiap harinya.

Mengonsumsi jahe secara berlebihan berisiko meningkatkan berbagai efek samping, seperti perut kembung, sakit perut, heartburn, hingga iritasi pada mulut.

  1. Cocor bebek.
    Cocor bebek (Kalanchoe pinnata) merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis sukulen, yaitu tanaman yang menyimpan cadangan nutrisi pada daun dan batang layaknya kaktus yang kamu ketahui.

Cocor bebek umumnya di tanam hanya untuk tanaman hias di dalam pot, namun perlu kamu ketahui bahwa cocor bebek juga dapat di gunakan sebagai obat tradisional yang bermanfaat loh.

Beberapa penyakit yang di ketahui dapat di atasi dengan tanaman herbal daun satu ini ialah demam, masalah pencernaan, peradangan, luka, bisul bernanah, jerawat, diabetes dan masih ada banyak lagi.

  1. Sambiloto

Sambiloto merupakan jenis tanaman obat berkhasiat yang sudah dikenal sejak lama, Tumbuhan TOGA ini banyak ditaman dan kerap dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Walau ia mempunyai rasa yang pahit namun jangan remehkan manfaatnya. Sambiloto diketahui bisa mengatasi masalah sakit perut, demam, flu, nyeri sendi, hipertensi, gula darah dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menggunakan khasiat yang terkandung dengan cara mengkonsumsi sebagai lalapan saat makan, atau dengan merebusnya yang kemudian diminum secara teratur.

  1. Temulawak

Temulawak merupakan satu dari sekian banyak tanaman dari keluarga temu-temuan atau empon. Bukan rahasia lagi bahwa rimpang akar temu mempunyai segudang manfaat bagi tubuh.

Temulawak diketahui mengandung senyawa kurkumin, yang mana ini bisa mengatasi masalah peradangan didalam tubuh, meredakan nyeri, mengatasi masalah sakit tenggorokan dan masih banyak lagi.

Kandugan kurkumin pada akar temulawak juga diklaim bisa mengatasi masalah nafsu makan pada anak loh, dan ini bagus tanpa ada efek samping.

healty99.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *